Mengenal Terapi Reperfusi untuk Penanganan Serangan Jantung

Mengenal Terapi Reperfusi untuk Penanganan Serangan Jantung – Serangan jantung adalah suasana dikala jantung kekurangan suplai darah yang kaya akan oksigen supaya tidak mampu bekerja dengan normal. Karena bahaya dan mampu berakibat fatal, dibutuhkan penanganan medis yang intensif untuk menangani suasana ini. Salah satu prosedur medis yang kerap kali dikerjakan untuk menangani penyakit jantung ini adalah terapi reperfusi.

Apa itu terapi reperfusi?

Terapi reperfusi adalah salah satu tipe perawatan medis yang dikerjakan untuk mengembalikan aliran darah, lebih-lebih untuk menyembuhkan serangan jantung.

Serangan jantung mampu berjalan dikala tersedia sumbatan lebih dari satu atau total pada pembuluh darah arteri. Akibatnya, aliran darah yang kaya akan oksigen menuju jantung amat terbatas.

Biasanya, sumbatan atau penyempitan pembuluh data sydney darah arteri ini disebabkan oleh ada penggumpalan darah. Aliran darah pun menjadi terkendala dan jantung tidak beroleh suplai darah yang cukup, apalagi mampu saja tidak mirip sekali.

Oleh sebab itu, dibutuhkan terapi reperfusi supaya penyumbatan di pembuluh darah mampu dipecah supaya darah mampu ulang mengalir dengan lancar.

Mengenal Terapi Reperfusi untuk Penanganan Serangan Jantung

Pada dasarnya, penanganan serangan jantung dengan terapi reperfusi dikerjakan dengan 2 metode, yaitu dengan alat dan obat-obatan. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing metode.

Reperfusi dengan alat

Terapi reperfusi yang dikerjakan dengan alat kebanyakan meliputi prosedur bedah invasif minimal, layaknya dengan percutaneous coronary intervention atau PCI jantung. Terkadang, prosedur PCI jantung ini terhitung diikuti dengan angioplasti jantung.

Jenis terapi ini cuma mampu dikerjakan di rumah sakit yang disempurnakan dengan fasilitas serta tenaga kesehatan ahli. Biasanya, terapi ini dikerjakan oleh dokter spesialis jantung serta tim yang terdiri dari perawat dan teknisi spesialis kardiovaskuler.

Dalam prosedur PCI untuk terapi reperfusi, dokter akan memasukkan selang kecil atau kateter lewat pembuluh darah dari pangkal paha atau pergelangan tangan. Selang kecil selanjutnya akan diarahkan sampai meraih ke pembuluh arteri jantung.

Selama prosedur ini dilaksanakan, Anda akan terima obat bius lokal di daerah tubuh yang dimasukkan selang supaya Anda tidak akan merasakan sakit.

Ketika kateter sudah meraih pembuluh arteri jantung, data hk sebuah balon kecil akan dikembang-kempiskan sepanjang 20-30 detik di daerah tersebut. Tujuannya adalah untuk memecah penumpukan plak atau sumbatan pada arteri.

Pemasangan cincin atau stent kemungkinan dibutuhkan pas terapi reperfusi andaikata sistem penghancuran sumbatan arteri masih belum sempurna.

Reperfusi dengan obat

Metode berikutnya yang dikerjakan sepanjang terapi reperfusi adalah pemberian obat. Obat-obatan yang kebanyakan digunakan dalam terapi ini disebut dengan obat fibrinolitik.

Fungsi obat fibrinolitik adalah untuk menghancurkan penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh arteri. Proses pemecahan sumbatan darah ini disebut dengan fibrinolisis atau trombolisis. Tak cuma untuk serangan jantung, terapi ini terhitung digunakan untuk menangani stroke.

Menurut artikel dari American Heart Association, pemberian terapi fibrinolitik ini wajib diberikan dalam pas 30 menit sehabis pasien pertama kali tiba di IGD rumah sakit yang tidak disempurnakan dengan PCI.

Pemberian obat fibrinolitik dalam terapi reperfusi ini cuma mendukung mengembalikan aliran darah yang tersumbat. Ini artinya, kerusakan otot jantung akibat serangan jantung tidak mampu diatasi cuma dengan terapi ini. Maka itu, penanganan lebih lanjut dengan angioplasti dan stent jantung diperlukan.

Ada lebih dari satu aspek yang memilih apakah Anda wajib terima penyembuhan fibrinolitik, layaknya usia, tipe kelamin, serta riwayat penyakit. Terapi fibrinolitik tidak direkomendasikan untuk pasien yang punya kondisi-kondisi berikut:

 

cedera kepala yang baru terjadi,
gangguan perdarahan,
memiliki luka terbuka,
sedang hamil,
baru saja merintis operasi,
mengonsumsi obat pengencer darah, dan
memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) yang parah.
Apakah tersedia risiko dan dampak samping dari terapi reperfusi?

Sama halnya dengan prosedur medis lainnya, terapi ini terhitung berisiko menimbulkan lebih dari satu dampak samping dan komplikasi.

Berikut adalah lebih dari satu potensi dampak samping dan komplikasi yang kemungkinan berjalan sehabis merintis PCI jantung:

pembuluh arteri ulang menyempit,
perdarahan,
kerusakan arteri jantung,
stroke,
gangguan ginjal, dan
detak jantung tidak beraturan.

Sementara itu, lebih dari satu dampak samping yang mampu timbul dari terapi fibrinolitik dalam reperfusi serangan jantung adalah perdarahan di gusi, hidung, atau otak.

Updated: Juni 6, 2022 — 8:25 pm