Makanan yang Baik dan yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus

Makanan yang Baik dan yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus – Selain teratur minum obat dan bergaya hidup sehat, penderita radang usus (IBD) harus mengkaji asupan makanan harian untuk memelihara kondisinya tidak makin tambah parah. Yuk, review apa yang boleh dan tidak boleh dimakan pengidap radang usus!

Menurut laporan University of Massachusetts of Medical School, peradangan mampu menurunkan jumlah bakteri baik yang hidup di dalam usus pas bakteri jahat jadi tumbuh lebih banyak.

Itulah mengapa ketidakseimbangan bakteri dalam perut mampu membuat tanda-tanda radang usus rentan kambuh. Mesi begitu, tenang dulu.

Ada lebih dari satu makanan yang dikatakan keluaran sdy baik untuk kesegaran penderita inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus. Makanan-makanan ini mampu menolong tingkatkan jumlah bakteri baik dan mempertahankan suasana usus yang sehat.

Makanan yang Baik dan yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus

1. Probiotik

Anda harus memperbanyak asupan makanan tinggi probiotik. Probiotik yakni tipe bakteri baik. Makan makanan probiotik mampu menolong menyeimbangkan jumlah bakteri jahat di dalam tubuh.

Beberapa makanan sumber probiotik paling baik untuk pengidap radang usus meliputi yogurt, kefir, dan tempe.

2. Prebiotik

Keberadaan bakteri baik diperlukan usus untuk melancarkan kerja sistem pencernaan dan metabolisme. Agar koloni bakteri baik dalam usus mampu konsisten hidup panjang umur, mereka harus makanan.

Makanan paling ideal untuk keberlangsungan hidup bakteri baik adalah prebiotik. Prebiotik merupakan tipe serat spesifik yang berfaedah menolong bakteri berkembang biak dan memelihara kelancaran gerak peristaltik pada usus.

Semakin banyak jumlah bakteri baik dan jadi lancar usus berkontraksi, peradangan mampu perlahan membaik.

Beberapa makanan tinggi prebiotik untuk penderita radang usus yakni pisang, bawang (bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah), yogurt, dan asparagus.

3. Makanan berprotein

Protein berfaedah untuk membangun sel dan jaringan baru di dalam tubuh, juga memperbaiki yang rusak akibat peradangan.

Kesimpulan penelitian Sanford Burnham data hk Prebys Medical Discovery Institute (SBP) juga mengamini perihal tersebut. Peneliti menemukan, asupan protein berasal dari makanan mampu menahan peradangan pada usus kambuh kembali.

Proses berikut secara tidak segera menolong mempercepat penyembuhan radang usus bersama makanan berprotein seperti daging tanpa lemak, dada ayam, kacang kedelai, telur, serta tempe dan tahu.

4. Buah dan sayuran rendah serat

Buah dan sayur sebetulnya sehat dan harus dikonsumsi setiap orang. Namun, buah dan sayur yang sesuai untuk penderita radang usus yakni yang miliki serat rendah. Yang baik dikonsumsi penderita radang usus yakni buah pisang, blewah, dan melon.

Sedangkan untuk sayuran, Anda mampu mengonsumsi bayam, labu, terong, kentang tanpa kulit, kacang hijau, asparagus, buah bit, wortel, dan labu kuning (tanpa biji).

Sayuran berikut baiknya dikonsumsi dalam suasana matang, bersama cara direbus atau dikukus untuk mempermudah usus mencerna dan menyerap nutrisinya.

6. Gandum olahan bebas gluten (gluten-free)

Makanan yang diolah berasal dari biji-bijian seperti nasi putih, pasta, oatmeal, dan roti bebas gluten (gluten-free) umumnya baik untuk penderita radang usus.

Makanan bebas gluten berikut umumnya sudah diolah sedemikian rupa agar lebih ringan dicerna oleh usus yang sedang mengalami peradangan.

Penderita radang usus sering disarankan untuk jauhi lebih dari satu makanan yang mampu memperburuk gejalanya. Di bawah ini adalah makanan yang harus dihindari.

1. Buah-buahan dan sayuran berserat tinggi

Tidak semua buah dan sayur baik dijadikan makanan selingan untuk penderita radang usus. Beberapa buah dan sayur memiliki kandungan tipe serat yang susah dicerna oleh usus, khususnya pas kondisinya masih meradang.

Buah dan sayur bersama takaran serat tinggi seperti pir, apel, atau buah yang masih tersedia kulitnya dan mentah sebaiknya dihindari. Selain itu, sayuran seperti kembang kol, brokoli, kacang-kacangan, dan jagung juga sebaiknya tidak dikonsumsi.

Pasalnya, perut Anda sedang tidak mampu mencerna makanan berserat bersama maksimal. Serat yang tidak tercerna akan meninggalkan residu dan membuat usus jadi sempit, agar tanda-tanda peradangan mampu lebih buruk.

2. Makanan tinggi lemak

Makanan berlemak, seperti mentega, margarin, saus krim, dan makanan yang digoreng mampu membuat penyakit diare.

Kacang dan biji-bijian utuh yang tidak diolah juga harus dihindari penderita radang usus. Selain susah dicerna, kacang juga memiliki kandungan lemak tinggi agar jadi rentan mengiritasi usus.

3. Makanan memiliki kandungan gluten

Beberapa penelitian melaporkan makanan memiliki kandungan gluten tidak baik untuk penderita radang usus yang disebabkan oleh penyakit Crohn dan kolitis ulseratif.

Ketika meradang, kerja usus untuk produksi enzim pencernaan spesifik yang bertugas produksi gluten jadi terhambat. Pada pas tubuh kekurangan enzim itulah Anda akan lebih rentan mengalami intoleransi pada gluten.

Kondisi berikut membuat Anda akan lebih berisiko mengalami sakit perut, perut kembung atau kram, hingga diare yang parah (terkadang berdarah).

Penjelasan dr. Kelly Issokson MS, RD berasal dari Cedars Sinai Medical Center juga mengatakan bahwa makanan tinggi gluten memiliki kandungan gula fermentasi berasal dari grup FODMAP yang rentan membuat tanda-tanda sindrom iritasi usus dan radang usus kambuh.

4. Makanan dan minuman lainnya

Selain makanan dan minuman di atas, makanan pedas juga jadi pantangan untuk penderita radang usus karena mampu jadi mengiritasi perut.

Begitu pula bersama minum minuman beralkohol, berkafein, dan soda. Minuman-minuman ini mampu membuat kekambuhan tanda-tanda hingga memperparah kondisi. Gantilah minuman Anda bersama air mineral untuk meredakan peradangan pada usus.

Susu juga harus dihindari oleh penderita radang usus karena penyakit berikut membuat tubuh tidak mampu produksi lumayan enzim laktase. Hal ini membuat Anda rentan mengalami tanda-tanda intoleransi laktosa yang mampu memperparah tanda-tanda radang usus.

Updated: Juni 24, 2022 — 2:41 am